Santiago Calatrava Valls




 Santiago Calatrava Valls (valencià pengucapan: [santiaɣo kalatɾava], lahir 28 Juli 1951) adalah diakui secara internasional dan memenangkan penghargaan arsitek Spanyol valencià, pematung dan insinyur struktur yang utama kantor di Zürich, Swiss. Classed sekarang antara desainer elit dunia, ia memiliki kantor di Zürich, Paris, Valencia, dan New York City. 

Awal kehidupan dan pendidikan
Calatrava lahir di Benimàmet, sebuah kota tua sekarang terintegrasi sebagai bagian kota Valencia, Spanyol, di mana ia mengejar gelar sarjana arsitektur di Universitas Politeknik Valencia bersama dengan program pasca sarjana di urbanisme. Selama masih sekolah, ia juga melakukan proyek independen dengan sekelompok sesama siswa, membawa dua buku tentang arsitektur vernakular Valencia dan Ibiza Setelah lulus pada tahun 1975,. Ia masuk di Institut Teknologi Federal Swiss (ETH) di Zürich, Swiss, untuk pekerjaan lulusan teknik sipil. Pada tahun 1981, setelah menyelesaikan tesis doktoralnya, "Di Foldability Space Frames", ia mulai arsitektur dan praktek rekayasa.
 
Karir 



awal karir Calatrava adalah sebagian besar didedikasikan untuk jembatan dan stasiun kereta api, yang desainnya peningkatan status proyek teknik sipil ke ketinggian baru. Menara Komunikasi Montjuic Nya di Barcelona, ​​Spanyol (1991) di jantung dari situs Olimpiade 1992, serta Allen Lambert Galleria di Toronto, Kanada (1992), adalah karya-karya penting dan titik balik dalam kariernya, yang mengarah ke berbagai komisi. Pavilion Quadracci (2001) dari Milwaukee Art Museum adalah bangunan pertama di Amerika Serikat. Calatrava masuk ke dalam desain bertingkat tinggi dimulai dengan sebuah menara memutar inovatif 54-cerita-tinggi yang disebut Turning Torso (2005), yang terletak di Malmö, Swedia.
Calatrava saat ini sedang merancang masa depan stasiun kereta api - World Trade Center Hub Transportasi - di World Trade Center dibangun di New York City.
gaya Calatrava's telah digembar-gemborkan sebagai menjembatani pembagian antara teknik struktur dan arsitektur. Dalam proyek, ia terus tradisi rekayasa modernis Spanyol yang meliputi Félix Candela dan Antonio Gaudí. Meskipun demikian, gaya juga sangat pribadi dan berasal dari berbagai studi tubuh manusia dan alam. Museum Milwaukee Art di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.
Recent proyek

Allen Lambert Galleria di Place Brookfield, di Toronto, Kanada Puente del Alamillo di malam hari, dibuat untuk Expo 92, Seville, (1992) Auditorio de Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol TGV di stasiun kereta api Liège, Belgia Bahnhof Stadelhofen di Zürich.
Salah satu proyek terbarunya adalah sebuah pencakar langit perumahan bernama 80 South Street setelah alamat sendiri, terdiri dari 10 rumah bandar dalam bentuk kubus ditumpuk di atas satu sama lain. Rumah bandar memindahkan sebuah balok utama dan mengikuti pola tangga seperti, menyediakan masing-masing townhouse dengan atap sendiri. The "townhouse di langit" desain telah menarik klien profil tinggi, bersedia membayar US berat $ 30 juta untuk masing-masing kubus. Hal ini direncanakan akan dibangun di distrik finansial New York City menghadapi East River. Pada tahun 2008 proyek ini telah dibatalkan, pasar real estat Manhattan sudah lembut, dan tidak ada sepuluh multi-juta dolar townhouse telah dijual.
Dia merancang gedung pencakar langit disetujui (sekarang dibatalkan), yang Spire Chicago, di Chicago. Awalnya ditugaskan oleh Chicagoan Christopher Carley, Irlandia Garrett Kelleher pengembang membeli bangunan untuk proyek pada Juli 2006 ketika rencana pembiayaan Carley turun melalui. Pembangunan gedung ini dimulai pada Agustus 2007 untuk selesai pada tahun 2011. The Chicago Spire akan menjadi bangunan tertinggi di Amerika Utara. Proyek ini kemudian dibatalkan pada awal 2010.
Karyanya mencakup tiga jembatan yang pada akhirnya akan span Sungai Trinitas di Dallas. Pembangunan jembatan pertama (Margaret Hunt Hill Bridge), dinamai donor Hunt Margaret Hill, telah berulang kali tertunda karena biaya tinggi, sebuah fakta yang telah memicu banyak kontroversi dan kritik. Jika mereka selesai, Dallas akan bergabung dengan daerah Belanda Haarlemmermeer dalam memiliki tiga jembatan Calatrava.
desain Calatrava untuk Jembatan Perdamaian, sebuah jembatan penyeberangan 130m rentang Sungai Bow di pusat kota Calgary, Alberta, Kanada, akan menelan biaya sekitar $ 24,5 juta. Proyek ini disetujui oleh dewan kota pada awal Januari 2009 dan dijadwalkan selesai pada musim gugur 2010. pengungkapan Umum Jembatan Perdamaian dilakukan pada tanggal 28 Juli 2009 sampai publik dan dipuji sebagai kontribusi, ramping elegan ke pusat kota Calgary. Desain menunjukkan, ramping tubular, span tunggal trestle merah dan putih, menawarkan jalur terpisah untuk pesepeda dan pejalan kaki. Jembatan ini diharapkan dapat melayani 5.000 pejalan kaki dan pengendara sepeda setiap hari.
Pada tanggal 16 Juni 2009, diumumkan bahwa akan Calatrava merancang bangunan pertama dari University of South kampus baru Politeknik Florida di Lakeland Florida. Ini akan menjadi pekerjaan pertamanya di Amerika Serikat tenggara. Calatrava sebagai pematung
Calatrava adalah juga seorang pematung produktif dan pelukis, mengklaim bahwa praktek arsitektur menggabungkan semua seni menjadi satu. Pada tahun 2003, Metropolitan Museum of Art di New York City mengadakan pameran karya seni yang berjudul "Santiago Calatrava:. Patung Into Arsitektur" Pameran karyanya juga terjadi di Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan di tempat lain.



Puente del Alamillo at night, made for the Expo 92, Seville, (1992)

TGV train station in Liège, Belgium

Bahnhof Stadelhofen in Zürich.


Sumber : Wikipedia.com