Hotel Luar Angkasa



Sebuah perusahaan memiliki rencana membuka hotel pertama di luar angkasa dan akan dioperasikan untuk tamu mulai tahun 2012. Proyek ini sempat menuai banyak kritik dan pertanyaan dari kalangan investor. Tapi sepertinya proyek tersebut tetap akan dilaksanakan. Dan tahukah Anda,  ratusan orang sudah mengantri untuk jadi pengunjung.
Arsitek hotel tersebut adalah perusahaan The Galactic Suite Space Resort yang bermarkas di Barcelona, yang mengatakan bahwa hotel di luar angkasa tersebut dikenakan biaya untuk tamu sebesar 3 juta euro (4,4 juta dolar AS) atau sekitar Rp. 42 miliar untuk biaya menginap 3 malam di hotel, dimana harga tersebut sudah termasuk 8 minggu kursus di pulau tropis.
Selama tinggal di hotel luar angkasa atau tepatnya di bulan, tamu dapat melihat matahari terbit 15 kali sehari dan berjalan mengelilingi dunia setiap 80 menit. Mereka akan mengenakan pakaian ‘velcro’ sehingga mereka dapat merangkak di sekitar ruangan pod mereka dengan melekatkan dirinya ke dinding, mirip di film Spiderman.
Menurut CEO The Galactic Suite Space Resort, Xavier Claramunt, yang juga pernah menjabat sebagai teknisi aerospace mengatakan bahwa project tersebut akan disimpan di perusahaannya (galacticsuite.com), dan ia yakin bahwa perjalanan luar angkasa ini akan menjadi hal luar biasa di masa depan. “Ini adalah hal yang normal untuk berpikir bahwa anak-anak kita akan menghabiskan akhir pekan mereka di luar angkasa,” kata Xavier dilansir Reuters.


Galactic Suite Ltd yang didirikan tahun 2007 berharap pada tahun 2012 dapat menempatkan single pod di orbit 450 km (280 mil) di atas bumi, dan berjalan dengan kecepatan 30,000 km per jam. Kapasitas hotel itu akan mampu menampung empat orang turis dan dua orang astronot.
Paket menginap tiga malam, termasuk delapan pekan latihan di pulau tropis akan menyebabkan pengunjung menguras kantong hingga US$4,4 juta (Rp41,8 miliar) per kepala. Selama menginap, tamu akan melihat matahari terbit sebanyak 15 kali sehari dan mengitari dunia setiap 80 menit. Seragam yang dikenakan adalah kostum berbahan velkro agar bisa bergerak mengelilingi ruangan dengan menempelkan diri merek di dinding, seperti Spider-Man.Perjalanan menuju pod atau ‘hotel’ diperkirakan memakan waktu satu setengah hari. “Pengunjung akan datang mengunakan roket dan ‘menginap’ selama 3 hari dalam sebuah kapsul. Setelah 3 hari ‘menginap’ pengunjung bisa kembali ke bumi juga dengan menggunakan roket,” jelas Claramunt.
Kini sudah lebih dari 200 orang yang tertarik dengan perjalanan di hotel luar angkasa ini dan setidaknya terdapat 43 orang telah memesan ‘kamar’ hotel tersebut. Namun, pertanyaan yang timbul, darimana uang yang begitu banyak untuk membangun project ini? Claramunt menjawab ada seorang miliuner anonym yang tertarik dan mau mendanai project tersebut sebesar 3 miliar dolar AS.
Perusahaan ini bahkan sudah menerima tawaran kerjasama dari miliuner Inggris, Richard Bronson, yang akan menggunakan fasilitas itu untuk firma wisata luar angaksanya, Virgin Gallactic. Bronson akan memungut biaya US$200 ribu (Rp1,9 miliar).